Just another WordPress.com site

PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

Menentukan Jalan yang Aman
Kegiatan menjelajah perkampungan merupakan kegiatan yang menyenangkan.menentukan jalan yang aman merupakan salah satu cara untuk mewujudkan kegiatan tersebut.jalan yang aman yaitu:
6. Jalan itu bukan merupakan jalan yang ramai dilalui kendaraan.
7. Jalan itu bukan jalanyang membahayakan, misalnya licin dan becek.
8. Jalan itu tidak mengandung duri atau bahan-bahan yang membahayakan, misalnya pecahan kaca.
Untuk menentukan jalan yang aman,kita memerlukan pengetahuan tentang navigasi dalam menentukan arah perjalanan. Alat navigasi antara lain kompas. Kompas adalah alat untuk menentukan arah utara dan selatan. Prosedur penggunaabn sangat mudah. Langkah pertama, lihatlah N=Utara, S=Selatan,E=Timur, dan W=Barat. Biasanya pada jarum tersebut terdapat dua warna, yaitu warna merah mnunjukkan arah utara dan warna lainnya menunjukkan arah selatan.
Selain itu anak juga harus mengerti tanda atau rambu-rambu lalu lintas, antara lain:
Arti lampu lalu lintas:
1. Apabila menyala hijau,artinya boleh jalan atau jalan terus.
2. Apabila menyala kuning, artinya siap-siap untuk berhenti.
3. Apabila menyala merah, artinya semua kendaraan harus berhenti.
B. Memecahkan Masalah yang Ditemui dalam Perjalanan
Selama dalam menempuh perjalanan mungkin ditemui banyak rintangan dan halangan. Mungkin saja kita menemui jalan yang buruk dan berlubang, harus menyeberangi parit kecil, atau menyusuri pematang sawah, dan sebagainya. Semua rintangan tersebut harus dilalui dengan baik dan selamat.
Selain itu, ketika menemui rintangan dan halangan jangan putus asa. Kita harus bekerja sama untuk memecahkan masalah tesebut. Di sinilah perlunya saling pengertian dan kerja sama di antara anggota kelompok untuk memecahkkan masalah. Kita harus bahu-mambahu mengubah masalah menjadi tantangan yang mengasikkan.
Berbagai keterampilan diperlukan untuk mengatasi masalah yang dihadapai. Untuk itu, setiap anggota kelompok perlu mempunyai keterampilan tertentu sehingga dapat digunakan ketika menghadapi halangan.
C. Mematuhi Prosedur dan Petunjuk
Sebelum perjalanan dimulai, bisanya guru memberi petunjuk mengenai hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh peserta. Mematuhi prosedur dan petunjuk sangat penting supaya kegiatan perjalanan menjadi lancer. Petunjuk-petunjuk itu bisa berupa;
1. Tidak merusak lingkungan.
2. Tidak merusak tanaman sepanjang perjalanan
3. Tidak membuat kegaduhan.
4. Dapat menjaga kebersihan lingkungan.
5. Berperilaku soipan selam pejalanan.
D. Memiliki Kepedulian terhadap Keselamatan Diri Sendiri
Setiap anggota kelompok harus dapat menjaga keselamatan dirinya dan keselamatan bersama. Menjaga keselamatan adalah penting. Untuk itu, sebelum bertindak harus mempertimbangkan kehati-hatian.
Selain itu, kita harus bersikap peduli terhadap sesame peserta. Kita juga harus memiliki keterampilan menolong terhadap kecelakaan.
E. Mendirikan Tenda
Cara mendirikan tenda, yaitu:
1. Letakkan tenda dengan punggung di atas kemudian pasanglah tiang tenda belakang serta pasanglah patok-patok pada pintu tenda di setiap sudut.
2. Tegakkan tongkat belakang dan ikat;ah pada patok.
3. Tegakkan tiang depan dan ikatlah talinya.
4. Ikatlah tali-tali sudut tenda pada patok-patok, kemudian tali tengah, dan akhirnya tali-tali dinding. Hati-hatilah pada waktu memasukkan paku tiang pada lubang atap tenda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s