Just another WordPress.com site

BUDAYA HIDUP SEHAT

A. Cara Menolak Ajakan Menggunakan Narkoba
Menurut peraturan medis, narkoba merupakan jenis obat yang sangat penting dalam pelayanan kesehatan. Namun pada saat ini, zat-zat tersebut banyak disalahgunakan. Penyalahgunaan narkoba menimbulkan permasalahan di kalangan masyarakat.
Penyalahgunaan narkoba dapat dicegah dengan cara-cara sebagai berikut:
1. Meningkatnya Keharmonisan Hubungan antaranggota Keluarga
Komunikasi antaranggota keluarga yang baik dapat menurunkan resiko penyalahgunaan narkoba. Apabila seluruh keluarga saling memberi perhatian penuh kepada kita, kita akan merasa nyaman dan tenang, tidak ingin bersikap aneh-aneh, apalagi mencoba-coba narkoba.
2. Memperbanyak Kegiatan yang Bermanfaat
Dengan meakukan berbagai macam kegiatan posistif, kita akan merasa terhibur dan tidak merasa frustasi. Waktu kita juga padat dengan kegiatan, jadi tidak mungkin iseng memakai narkoba.
3. Memilih Pergaulan dan Tidak Mudah Terpengaruh oleh Bujukan Orang Lain, termasuk Bujukan Teman Sebaya
Pada umumnya,para pengedar atau produsen narkoba, berusaha membujuk dan merayu calon pemakai (korbannya) dengan cara memberi si calon korban secara gratis. Setelah si korban telah masuk ke dalam taraf ketagihan, apalagi sampai mengalami sakaw, maka si produsan dan pengedar akan menarik biaya konsumsi narkoba tersebut, yang akhirnya tidak hanya mencekik korban narkoba secara fisik, melainkan juga secara ekonomi. Kemusian, agar kita tidak mudah terbawa arus lingkungan, sebaiknya berusaha untuk tidak masuk ke dalam kelompok-kelompok yang sekiranya bias menyeret menjadi pengguna narkoba.
4. Meningkatkan Iman dan Takwa kepada Tuhan
Iman dan takwa sangat berperan dalam pencegahan tindak penyalahgunaan narkoba. Dengan makin kuat iman dantakwa, kita makin takut akan dosa, takut melanggar perintah Tuhan, dan selalu ingin berbuat baik. Rasa takut terhadap dosa tersebut mampu menghindarkan diri kita dari penyalahgunaan narkoba.
B. Cara Menolak Perlakuan Pelecehan Seksual
Berita tentang pelecehan seksual,bahkan pemerkosaan, makin sering kita dengar belakangan ini. Kita harus waspada tanpa perlu takut, karena kita bias mengatasinya.
Pelecehan seksual merupakan segala macam bentuk perilaku yang berkonotasi seksual yang dilakukan secar sepihak dan tidak diharapkan oleh orang yang menjadi sasaran, sehingga menimbulkan reaksi negative, seperti rasa malu, tersinggung, marah, dan sebagainya pada diri orang yang menjadi korban.
Kiat mengatasi plecehan seksual antara lain:
1. Pelajari segala hal tentang pelecehan seksual.
2. Bertindak tegas dengan mengatakan tidak dengan kata dan perbuatan jika kitra menolak pelecehan seksual.
3. Menyebarkan informasi tentang pelecehan seksual.
4. Mau bertindak sebagai saksi.
5. Bersedia membantu korban.
6. Membuat catatan identitas pelaku, lokasi/tempat, saksi, perilaku atau ucapan yang dianggap melecehkan.
7. Bicarakan dengan orang lain tentang pelecehan seksual yang terjadi, bias dengan teman atau orang lain yang kita percaya
8. Memberikan pelajaran pada si pelaku dengan memberitahukan langsung kepada pelakunya bahwa kita tidak suka dengan tindakannya atau isyarat tubuh.
9. Segera melaporkan tindakan pelecehan seksual setelah kejadian, karena pelecehan seksual adalah tindakan yang melanggar hukum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s